Berita

MAS Muhammadiyah Kota Gorontalo Gelar Halal bi Halal dan Dzikir bersama

Kamis, 23 Maret 2023 21:24 WIB
  • Share this on:

Kota Gorontalo (kemenag.go.id) —  Keluarga besar MAS Muhammadiyah Kota Gorontalo mengadakan kegiatan rutin dalam menyambut bulan suci Ramadhan yaitu halal bi halal, Selasa (21/3/2023).

Halal bi halal adalah kegiatan saling bermaaf-maafan dengan sesama yang dilakukan dengan tujuan untuk menjaga tali silaturahmi. Kegiatan halal bihalal dilaksanakan di lingkungan Madrasah yang diikuti oleh Staf dan Dewan guru serta peserta didik. 

Dimana  rangkaian kegiatan halal bi halal pada hari itu yaitu Pembacaan Kalam Ilahi oleh ananda Yayan Thalib, Sambutan Kepala Madrasah, Sitti Khasriani. 

“Kegiatan halal bi halal ini harus tetap diadakan setiap tahunnya dengan tujuan untuk menjaga tali silaturahmi antar sesama. Selain itu melalui kegiatan silaturahmi ini sangat dianjurkan oleh Islam yang memiliki keutamaan antara lain memperpanjang umur, menambahkan rezeki, menambahkan ketaatan kepada Allah SWT, hendaknya kita bisa mempertahankan tradisi ini,” ungkapnya Sitti. 

Rangkaian kegiatan lainnya adalah tausiyah singkat yang dibawakan oleh ananda Firman dengan tema Keutamaan di Bulan Suci Ramadhan, orang yang berpuasa Ramadan dengan penuh kesadaran iman dan pengharapan terhadap Allah serta mengerjakannya dengan sungguh-sungguh dan menjaga dirinya sebagaimana mestinya akan diampuni dosa-dosanya yang telah lalu.

Firman mengutip Hadist Riwayat Al-Bukhari dan Muslim. Abu Hurairah berkata; Rasulullah saw telah bersabda: Barang siapa berpuasa pada bulan Ramadan dengan dengan penuh kesadaran iman dan pengharapan (terhadap Allah) akan diampuni dosa-dosanya yang telah lalu [HR al-Bukhārī dan Muslim].

"Dalam puasa terdapat unsur perjuangan berat, yaitu mengendalikan diri dari segala godaan dan syahwat yang dapat membawa seseorang kepada berbagai perbuatan yang merugikan dan bertentangan dengan kepatutan," tuturnya

Dalam akhir kegiatan ditutup dengan Dzikir bersama yang dipimpin langsung oleh Kasmad Arsyad, lantunan dzikir, doa dan sholawat dikumandangkan dengan khidmat untuk keluarga yang telah mendahului dan juga untuk kelulusan peserta didik kelas XII. Dilanjutkan dengan mengucap ikrar syawalan halal bihalal bersama-sama dan sungkem/salaman seluruh peserta didik kepada Bapak/Ibu Guru.

Editor:
Fadhil Hadju
Kontributor:
Safely
Penulis:
Safely
Fotografer:
Narti

Kalender

Maret 2024
MIN SEN SEL RAB KAM JUM SAB

Gallery

  • -
  • -
  • -
  • -
  • -